Total Pengunjung

Minggu, 02 Desember 2012

Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita



Judul Jurnal : Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita
Yoseph Hendrik Maturbongs, Riri Satria
Diakses pada tanggal 1 Desember 2012, pukul 19.00 WIB


Resume

            Perencanaan strategi SI/TI merupakan aktivitas yang sangat penting bagi sebuah organisasi untuk mencapai sasaran bisnisnya. Pendidikan tinggi merupakan salah satu bidang jasa yang tidak terlepas dari jangkauan globalisasi yang turut mengalami perkembangan dan kemajuan. Perkembangan dan sasaran bisnis STIKS Tarakanita dari  akademi menjadi sekolah tinggi, mempengaruhi kebutuhan SI/TI STIKS Tarakanita dan keputusan-keputusan strategis untuk dapat bertahan dalam era kemajuan teknologi saat ini. Penggunaan teknologi yang mengacu pada perencanaan strategis SI/TI merupakan suatu keharusan untuk dapat mempertahankan keunggulan organisasi.
            Agar dapat menghasilkan suatu perencanaan yang menyeluruh, maka ruang lingkup pembahasan mencakup pada seluruh bisnis unit yang ada di STIKS Tarakanita. Pembahasan lebih difokuskan pada perencanaan strategis aplikasi sistem informasi untuk proses bisnis. Untuk dapat meneliti suatu perencanaan strategi yang baik diperlukan suatu metodologi yang tepat guna, yang dapat menganalisis keadaan organisasi yang sesungguhnya. Metodologi merupakan salah satu hal terpenting yang harus ditentukan agar perencanaan strategis SI/TI yang dibuat dapat digunakan dengan optimal. Analisis dan perumusan strategi yang dilakukan meliputi Analisis Lingkungan Organisasi, lingkungan eksternal bisnis organisasi, analisis lingkungan eksternal SI/TI, analisis lingkungan internal organisasi, dan analisis lingkungan internal SI/TI. Penentuan target SI/TI yang ditentukan terdiri atas dua aktivitas pokok, yaitu mengidentifikasi solusi SI/TI serta menentukan kebijakan SI/TI.
 Identifikasi solusi SI/TI akan dilakukan dengan cara mendeskripsikan solusi SI/TI berdasarkan hasil analisis lingkungan organisasi dan lingkungan SI/TI. Perumusan strategi yang didapat dengan didasarkan pada visi, misi, dan tujuan lembaga beberapa diantaranya adalah meningkatkan kualitas pelayanan internal maupun eksternal dengan pemanfaatan SI/TI secara optimal mudah diakses, cepat, transparan, aman dan dapat dipertanggungjawabkan, menggunakan SI/TI untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan penyediaan sarana prasarananya, dan pengembangan infrastruktur SI/TI yang handal dengan berlandaskan 4 aspek kebijakan yaitu kepemimpinan, manfaat, sumber daya, dan peraturan terkait, serta moral dan religiusitas untuk mendukung pemanfaatan SI/TI. Perencanaan strategis SI/TI STIKS Tarakanita lebih menekankan pada pembuatan aplikasi sistem informasi yang mendukung aktivitas bisnis yang dilakukan selaras dengan visi, misi, dan tujuan organisasi.

2 komentar: