Total Pengunjung

Minggu, 02 Desember 2012

Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum



Judul Jurnal      Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan  Belajar Spectrum
Sumber         :    
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=Jurnal+perencanaan++strategis+sistem+informasi+lembaga+bimbingan+belajar&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CD8QFjAD&url=http%3A%2F%2Fejournal.unsa.ac.id%2Findex.php%2Fspeed%2Farticle%2Fview%2F472%2F225&ei=WBK7UPKSLMjwrQer64CACA&usg=AFQjCNG-GRpYF8oMglATs9QomeHHWkmG3A
Kristin Tyas Wardani, Bambang Eka Purnama, Sukadi
Email            :     Kristin.tyas@ymail.com
Diakses pada tanggal 1 Desember 2012, pukul 19.30 WIB


Resume

            Pendidikan merupakan infrastruktur terpenting khususnya dalam pengembangan potensi individu, dan umumnya dalam pengembangan potensi bangsa. Upaya pengembangan kualitas pendidikan merupakan hal yang mutlak untuk mendapatkan perhatian. Dengan dikembangkannya teknologi pendidikan, diharapkan adanya peningkatan yang signifikan dalam sektor pendidikan, baik dalam skala lokal maupun nasional yang meliputi peningkatan kualitas materi ajar, pemahaman siswa, dan kompetensi para pengajarnya. Bimbingan belajar saat ini menjadi salah satu pilihan bagi para pelajar untuk memperluas pengetahuan dan menambah jam pembelajaran serta sebagai media untuk belajar bersama teman dan berinteraksi dengan guru.

Spectrum merupakan salah satu tempat Bimbingan Belajar yang banyak diminati di daerah Pacitan, hal ini terbukti dengan semakin bertambahnya siswa dari tahun ke tahun dengan pelayanan yang maksimal dan didukung ruang belajar yang nyaman, tenaga pendidik yang profesional serta biaya pendidikan yang relatif murah menjadi salah satu alasan bagi siswa/siswi untuk menambah jam belajar di lembaga bimbingan belajar Spectrum. Masalah yang dihadapi lembaga bimbingan belajar Spectrum adalah kesulitan dalam mengolah data akademik.

Dalam pembangunan sistem informasi akademik pada lembaga bimbingan belajar Spectrum, diperlukan perencanaan strategis agar pembangunan dapat sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai oleh lembaga bimbingan belajar Spectrum adalah pembuatan sistem informasi yang dapat digunakan untuk pendataan akademik di Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, study pustaka, analisis, dan perancangan sistem informasi dilanjutkan dengan pembangunan sistem informasi serta uji coba. Manfaat yang ingin dicapai dengan dilakukannya perencanaan strategis dalam pembangunan sistem akademik lembaga bimbingan belajar Spectrum adalah memberikan kemudahan dalam proses pengolahan data akademik, seperti data siswa, data pembayaran, data guru, dan untuk mempermudah dalam proses pencarian data selain itu memiliki media penyimpanan yang lebih efektif dan lebih besar.


1 komentar: