Total Pengunjung

Minggu, 02 Desember 2012

Perencanaan Strategis Sistem Dan Teknologi Informasi Pada St. Ignatius Education Center Palembang

Rangkuman Jurnal
Perencanaan Strategis Sistem Dan Teknologi Informasi Pada St. Ignatius Education Center Palembang

Masalah.
Masalah  baru muncul ketika semakin banyaknya perusahaan kompetitor sejenis yang memanfaatkan IS/IT dapat membuat layanan dan proses pengajaran lebih baik sehingga mengancam kapabilitas perusahaan. Sehingga perlu ditentukan bentuk perencanaan strategis SI/TI yang sesuai dengan proses bisnis pada St.Ignatius Education Center. Berikut ini merupakan gambaran proses bisnis yang terjadi pada St.Ignatius Education Center. 



Metode Penulisan.
Tahapan penelitian diawali dengan Identifikasi masalah dilakukan dengan cara observasi langsung beberapa unitkerja yang terkait dengan penyelenggaraan proses bisnis pada St.Ignatius Education Center. Hasil identifikasi masalah tersebut selanjutnya digunakan sebagai dasar pemikiran dalam analisa dan interpretasi data pada saat menyusun Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, studi lapangan melalui wawancara, kuisioner dan observasi. Pada tahapan analisa dan interpretasi data dilakukan :

1. identifikasi informasi perusahaan,
2. analisa lingkungan eksternal perusahaan,
3. analisa lingkungan internal perusahaan,
4. analisa lingkungan eksternal si/ti,
5. analisa lingkungan internal si/ti,
6. penentuan strategi si/ti,
7. penentuan strategi ti,
8. penentuan strategi manajemen si/ti,
9. penentuan portofolio aplikasi si/ti st.ignatius education center masa depan. 

Analisa dan interpretasi
1. Analisis Five Forces
Analisis kekuatan bersaing pada St.Ignatius Education Center terlihat pada gambar di bawah ini:


2. Analisis Value Chain SIEC
 Analisis ini dilakukan untuk memetakan seluruh proses bisnis yang terjadi pada St.Ignatius Education Center yang digolongkan menjadi dua aktivitas yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung.


3. Identifikasi CSF Berdasarkan Tujuan Bisnis
Analisa critical success factor berdasarkan tujuan utama perusahaan dari setiap unit kerja digunakan untuk mendapatkan faktor-faktor kritis yang mempengaruhi keberhasilan ataupun kegagalan perusahaan


4. Analisis Kebutuhan Informasi Berdasarkan CSF & SWOT
Kebutuhan informasi untuk setiap unit kerja St.Ignatius Education Center ditentukan berdasarkan identifikasi CSF dari tujuan masing-masing unit kerja. Selanjutnya setiap CSF dan prime measure dievaluasi dan diselaraskan dengan rumusan strategi SO, ST, WO, dan WY yang diperolah dari hasil identifikasi SWOT.
Agar hasilnya lebih komprehensif maka setiap hasil analisis CSF dipetakan pada value chain St.Ignatius Education Center.




Solusi SI/TI Berdasarkan CSF


PROSES IDENTIFIKASI STRATEGI
1. Identifikasi Solusi SI/TI Berdasarkan CSF

Berdasarkan identifikasi CSF dari setiap satuan unit kerja SIEC,maka kemudian ditentukan solusi SI/TI yang akan diterapkan. Uraian tentang penentuan solusi SI/TI berdasarkan CSF tersebut ditunjukkan pada tabel 5 di atas.

2.Penentuan Strategi TI

Kebutuhan Jaringan
Dalam perencanaan strategi bisnis St.Ignatius Education Center (SIEC) untuk melakukan perluasan (ekspansi) dan pengembangan bimbel cabang dalam kota ataupun bimbel cabang luar kota, maka dibutuhkan sebuah jaringan yang reliable dan mampu mendukung SIEC dalam mencapai target perusahaan. Berikut merupakan usulan Arsitektur Jaringan SIEC.


Portofolio Aplikasi SI/TI
Dari solusi SI/TI dipetakan dalam portofolio dengan empat kategori, yaitu:
1. Strategic.
2. Key operational.
3. High potensial.
4. Support.

Portofolio Aplikasi SI/TI Mendatang:


Penentuan Strategi Manajemen SI/TI
Strategi manajemen SI/TI diperoleh dari hasil identifikasi solusi SI/TI sehingga dibutuhkan rekrutmen SDM pada struktur organisasi yaitu unit kerja ICT yang terdiri dari manager ICT, unit kerja networking dan programmer, perencanaan kebijakan strategi dan operasional layanan SI/TI, analisis risiko keamanan TI, keamanan infrastruktur TI, keamanan aplikasi SI, keamanan data serta keamanan pengguna (user).
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar